AEON Mall BSD City Nuansa Sakura di Pusat Kota

506

[intro]Mengusung arsitektur minimalis, AEON Mall BSD City menjadi pelopor pusat perbelanjaan bernuansa negeri Sakura.[/intro]

Sebagai penganut aliran Zen, warga Jepang menerapkan nilai-nilai yang mereka yakini ke dalam kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali pada estetika dan desain elemen bangunan.

Ini tampak pada arsitektur AEON Mall BSD City. Mal bernuansa Jepang pertama di Indonesia yang berlokasi di Jalan BSD Raya Utama, Tangerang, Banten ini mengedepankan konsep interior sederhana, dekorasi yang minimalis, skema warna alami, dan palet netral seperti abu-abu dan putih. Konsep ini sesuai dengan nilai yang mereka anut, salah satunya, wabi sabi atau kesederhanaan yang alami.06-Roof-Deck-Tenant-image

[pullquote position=”right”]“Pengembang mengklaim mal bergaya Jepang ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan unik sekaligus terbaik di Indonesia.”[/pullquote]

Di pintu utama, misalnya, terdapat shōji, yakni pintu yang terbuat  kayu berlapis kertas transparan. Dalam arsitektur tradisional Jepang, pintu ini berfungsi sebagai pintu geser dan  jendela atau partisi. Manfaatnya, selain dapat menyerap kelembaban, insulator terhadap panas dan dingin, juga membuat ruangan menjadi terang. Ini karena sinar matahari dapat menembus shōji.

Selain itu, mal yang diresmikan pada Sabtu (30/5) ini pun berkomitmen mengurangi CO2 dan menghemat energi. Ini antara lain tampak dari penggunaan lampu LED untuk penerangan dan petunjuk informasi.

Sebagai pengembang, Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land Ishak Chandra mengklaim mal bergaya Jepang ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan unik sekaligus terbaik di Indonesia.

 

Interaksi budaya

Mal ini juga menjadi ajang interaksi budaya yang unik antara Jepang dengan Indonesia. Di sini kita dapat melihat para pelayan hilir mudik mengenakan kimono lengkap dengan tata rias khas Jepang. Mereka melayani setengah dari total 280 toko. Sementara ada 130 toko dan produk didatangkan langsung dari Jepang.

Pada area food court dan restoran, AEON Mall BSD City menyajikan menu yang didominasi oleh makanan khas negeri matahari terbit. Turun ke Ground Floor, Anda akan menemukan makanan bertema “Food Culture of Japan” seperti Uchinoshokudo, Kaihomaru, Gyu Kaku Yakiniku, dan tujuh restoran ramen atau Ramen Village. Jika ingin menikmati sensasi lain, mal yang berencana membuka 20 pusat perbelanjaan serupa di wilayah Jabodetabek ini juga menyediakan restoran ala Barat dan Italia, tepatnya di area Café Street.

Mal yang memiliki misi “For Your Smart Living” ini memfasilitasi area khusus bagi para traveler. Ada tenant ternama yang menjual perlengkapan travel seperti JTB dan H.I.S. “Di area ini, pengunjung dapat menghimpun informasi tentang tempat tujuan wisata terbaik dan agenda event budaya baik di Jepang maupun di Indonesia,” ujar Adrian Pranata selaku Operations General Manager PT Aeon Mall Sinar Mas Land (AMSL) Indonesia.

Penulis: Aprilia Hariani

Foto: Arif Hasan & Dok. AEON Mall BSD City

LEAVE A REPLY