Layanan Fintech untuk UMKM

71
Gbr : Ilustrasi

 

Masih rendahnya penyaluran pembiayaan dari perbankan ke sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi peluang bisnis bagi layanan financial technology (fintech) di Indonesia.

Kehadiran sejumlah perusahaan fintech turut berkontribusi dalam pengembangan UMKM. Tidak hanya sebatas membantu pembiayaan modal usaha, peran fintech juga sudah merambah ke berbagai aspek seperti layanan pembayaran digital dan pengaturan keuangan.

Berikut ini beberapa layanan fintech bagi UMKM.

Pinjaman modal

Perusahaan fintech hadir memberikan layanan pinjaman modal dengan proses pengajuan yang lebih sederhana dibandingkan lembaga keuangan konvensional seperti bank. Tanpa perlu menyerahkan jaminan dan cukup melengkapi beberapa persyaratan dokumen saja, layanan pinjaman on-line ini menjadi alternatif dari pinjaman konvensional bank atau perusahaan pinjaman lainnya. Pinjaman yang diajukan dapat cair dalam waktu relatif singkat yakni kurang dari seminggu. Beberapa fintech yang menyediakan layanan pinjaman  on-line  seperti Modalku dan Pinjam.com.

Layanan pembayaran digital

Kini perusahaan fintech juga menyediakan sistem pembayaran digital yang lebih mudah dan aman bagi pebisnis. Dengan proses pembayaran yang mudah dan aman, hal ini akan mampu menarik lebih banyak konsumen sehingga memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis. Salah satu fintech yang menyediakan sistem pembayaran digital adalah aplikasi Jenius yang bersinergi dengan perusahaan jasa transportasi on-line. Jenius memberikan keuntungan berupa potongan harga bagi pelanggan yang menggunakan pilihan pembayaran dengan aplikasinya.

Layanan pengaturan keuangan

Ada beberapa aplikasi fintech yang menawarkan layanan pengaturan keuangan. Inovasi ini bertujuan membantu pebisnis UMKM dalam mengatur keuangan perusahaan. Layanan yang diberikan meliputi pembuatan anggaran, pencatatan pengeluaran, pemantauan kinerja investasi, dan konsultasi keuangan tanpa dikenakan biaya. Beberapa perusahaan fintech yang menyediakan layanan pengaturan keuangan misalnya Dompet Sehat dan NgaturDuit.com.

Tantangan di era digital

CEO sekaligus pendiri perusahaan fintech lending platform Pinjam.co.id, Teguh Ariwibowo mengatakan, kehadiran bisnisnya adalah juga untuk menjawab tantangan sekaligus menjadi solusi pembiayaan bagi masyarakat di era ekonomi digital yang kini terus berkembang pesat.

“Sebagai solusi pembiayaan terutama bagi masyarakat yang belum tersentuh oleh perbankan, kami menawarkan layanan gadai instan yang cepat dan mobile bagi nasabah individu maupun pebisnis UMKM,” jelas Teguh.

“Fintech hadir memberikan layanan pinjaman modal dengan proses pengajuan yang lebih sederhana dibandingkan lembaga keuangan konvensional seperti bank.”- Novita Hifni

LEAVE A REPLY