Optimal Beribadah di Masjid Pilihan

327

Masjid BI

Masjid BI atau dikenal dengan nama Masjid Baitul Ihsan terletak di perkantoran Bank Indonesia, Jakarta Pusat. Tiap Ramadan, masjid yang genap berusia 17 tahun itu menyediakan 700-2.000 takjil, mengadakan salat tarawih dan iktikaf berjemaah.

Sederet ustaz ternama seperti Ustaz Yusuf Mansur, Abdullah Gymnastiar, Bachtiar Nasir kerap hadir mengisi ceramah. Di tengah kesibukan, para pejabat BI menyempatkan waktu untuk berbaur dengan masyarakat baik saat salat berjemaah maupun tarawih.

Ketika iktikaf, khususnya pada sepuluh malam terakhir, imam memimpin jemaah membaca tiga juz hingga tuntas. Meski berat, hal ini tak menyurutkan semangat jemaah untuk khatam Qur’an. Selama itu pula, panitia menyediakan makanan sahur yang ditebus dengan memberikan sumbangan sukarela.

Masjid Agung Sunda Kelapa

         Masjid yang terletak di Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta ini dikenal sebagai simbol Pelabuhan Sunda Kelapa, tempat saudagar Muslim berdagang dan menyebarkan syariat Islam di masa lalu.

Tokoh nasional seperti Din Syamsudin, Nasaruddin Umar, Ali Mustafa Yakub, dan Quraish Shihab selalu menyempatkan berceramah di masjid ini. Yang menarik, pengurus masjid mendatangkan imam dari Arab Saudi.

Setiap harinya, masjid ini menyediakan 800-1.000 takjil, sahur gratis dan bazar. Para remaja yang tergabung dalam Remaja Masjid Sunda Kelapa (RISKA) aktif mengadakan bakti sosial seperti seperti bedah musala, santunan, sahur on the road, pesantren kilat, dan mendatangkan artis seperti Cholidi dan Dude Herlino.

 

Masjid Agung Al-Azhar

Masjid yang dulunya dikenal dengan nama Masjid Kebayoran ini memiliki beragam agenda menarik selama Ramadan mulai dari penceramah dan motivator dari kalangan figur publik, tausiyah, MTQ bagi anak-anak maupun usia dewasa, hingga bazar. Aktivitas iktikaf makin nyaman karena pengurus masjid menyediakan banyak tempat wudu dan toilet.

Mereka juga kerap menyediakan takjil untuk 700 orang, berbuka puasa bersama anak yatim dan Lapas Anak Tangerang. Artis seperti Dude Herlino, Teuku Wisnu, Zaskia Adya Mecca turut meramaikan agenda yang digagas remaja Al Azhar Youth Leader Institute (AYLI).

 

Masjid Agung Istiqlal

Belum lengkap rasanya jika tak mengulas agenda di masjid nasional negara RI. Daya tampungnya yang luas membuat masjid ini mampu menyediakan 3.000 takjil. Aktvitas selama bulan suci antara lain tadarus, tarawih, kuliah subuh, dialog zuhur interaktif, pesantren kilat, pembagian zakat, hingga bingkisan lebaran.

Keistimewaan lain, pelaksanaan tarawih dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang sebelas rakaat dan 23 rakaat. Masjid ini dihadiri pembicara dari kalangan menteri agama, dirjen bimas Islam, hingga imam besar lainnya.

 

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid yang berlokasi di Jalan Gading, Surabaya, Jawa Timur ini kental dengan nuansa Tionghoa. Berbagai kegiatan telah dipersiapkan untuk mengisi bulan Ramadan. Antara lain salat berjemaah lima waktu, pengajian, zikir dan doa bersama, pengajian akbar, pembinaan mualaf setiap Sabtu dan Minggu, bakti sosial, buka puasa, dan salat tarawih.

LEAVE A REPLY